Padatnya rutinitas sehari-hari sangat membuat anda menjadi lupa waktu dalam bekerja. Sering kali seseorang merasa seperti dikejar-kejar oleh waktu. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan membuat seseorang merasa seperti dikejar-kejar oleh waktu. Khususnya pekerjaan yang memiliki waktu tengat yang pendek, maka semakin pendek waktu untuk bekerja, maka kita terpaksa harus merelakan waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan.
Sebenarnya anda bisa mengatur waktu
anda secara teratur, namun dibutuhkan kedisiplinan dan kemauan dari diri
sendiri untuk mampu mengatur waktu anda. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan
setiap harinya tentu sangat membuat jenuh dan bosan dan dengan adanya waktu
kerja yang panjang tentu semakin membuat kita kurang bersemangat dalam bekerja.
Jika anda orang yang kesulitan
mengatur waktu, maka anda dapat menggunakan beberapa media untuk membantu anda
mengatur waktu. Anda dapat membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan.
Anda dapat membuat catatan di notes atau agenda.
Tidak perlu menyediakan notes besar seukuran binder atau buku tulis, anda bisa menggunakan notes kecil yang dapat dibawa ke mana-mana sehingga lebih mudah untuk dibawa. Notes sangat berguna jika mendadak ada beberapa hal penting yang perlu diingat maka anda tidak akan lupa dan juga segala pekerjaan yang harus dilakukan dapat terselesaikan dengan baik.
Tidak perlu menyediakan notes besar seukuran binder atau buku tulis, anda bisa menggunakan notes kecil yang dapat dibawa ke mana-mana sehingga lebih mudah untuk dibawa. Notes sangat berguna jika mendadak ada beberapa hal penting yang perlu diingat maka anda tidak akan lupa dan juga segala pekerjaan yang harus dilakukan dapat terselesaikan dengan baik.
Berilah tanda centang atau coret
untuk pekerjaan yang telah selesai sehingga anda tidak bingung dengan banyaknya
catatan pekerjaan yang harus diselesaikan. Notes juga akan lebih menarik untuk
ditulis dengan bermacam-macam warna.
Jika anda kurang menyukai menulis
atau mencatat, maka anda bisa menggunakan telepon genggam. Telepon genggam juga
memiliki pengingat dalam kalender dan juga alarm yang dapat membantu anda untuk
memgingat hal-hal yang penting.
Mencatat daftar kegiatan di laptop
juga sangat bagus. Anda dapat memisahkan setiap folder yang berbeda. Pisahkan
daftar kegiatan yang harus diselesaikan saat ini, besok atau minggu depan dan
yang sudah lewat. Selain dapat memudahkan anda untuk memilah-milah manakah
pekerjaan yang lebih penting untuk dikerjakan terlebih dahulu, pemisahan file
dapat berguna jika suatu saat membutuhkan pengecekan terhadap data yang lama,
maka akan lebih mudah bagi anda untuk mencari file tersebut.
Anda dapat mengatur waktu dengan
menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu. Hindari bermain atau menggunakan
telepon genggam saat bekerja. Sesekali diperbolehkan namun batasi waktu
beristirahat sejenak, karena semakin lama anda mengambil waktu jeda maka anda
bisa lupa waktu sehingga pekerjaan menjadi tertunda.
Jika anda telah bekerja seharian di
kantor 8 jam penuh, maka ada kalanya anda merasa bosan. Luangkan waktu anda
untuk beristirahat sejenak. Gunakan waktu istirahat untuk beristirahat dengan
baik. Lakukan hal-yang membuat anda santai, hindari memikirkan pekerjaan
sejenak, karena selain membuat anda semakin tertekan, maka anda juga akan
merasa tidak bersemangat kembali bekerja lagi.
Rutinitas sehari-hari sering kali membuat kita jenuh dan kurang beristirahat. Anda dapat menggunakan beberapa jam waktu libur atau waktu senggang untuk tidur sejenak. Sebelum tidur buatlah pikiran anda santai, mandi air hangat sebelum tidur sangat membantu untuk tidur lebih cepat.
Bekerja memang tidak ada habisnya,
namun anda harus pandai mengatur waktu di tengah rutinitas sehari-hari. Beberapa
orang tertentu yang merasa tegang dalam bekerja, maka akan terasa lebih cepat
stress. Karena orang tersebut cenderung serius dan adanya rasa was-was bahwa
pekerjaan tidak selesai atau pekerjaan harus sempurna sehingga karena pemikiran
tersebut, seseorang menjadi tegang dan terkadang sulit untuk mengontrol emosi.
Jika pekerjaan anda termasuk
pekerjaan yang memiliki waktu tengat yang sangat pendek dan anda mengerjakan
beberapa pekerjaan sekaligus, anda bisa sedikit santai dalam artian tidak
tegang, luangkan waktu bersama rekan sejawat akan membantu anda untuk melepas
ketegangan.
Adakan acara-acara menyenangkan
dengan rekan sejawat untuk bersantai serta mempererat hubungan pertemanan
dengan rekan sejawat. Anda bisa mengadakan makan siang bersama atau
merencanakan liburan bersama. Anda juga bisa mengadakan acara nonton bersama
saat istirahat sebagai bentuk lain untuk bersantai dengan rekan sejawat.
No comments:
Post a Comment